Jumat, 18 Januari 2013

Ikan Barreleye (Macropinna microstoma)


        National Geographic News merilis gambar seekor ikan yang tergolong aneh. Pada bagian kepala ikan tampak transparan sehingga terlihat bagian dalamnya. Sepintas kepala ikan mirip  bagian kokpit pesawat tempur.Sebagaimana diketahui, bagian atas kokpit pesawat tempur biasanya transparan sehingga sang pilot dapat terlihat dari sisi luar pesawat.
        Ikan ini ditemukan peneliti Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI), di kedalaman laut Pantai California. Ikan ini hidup pada kedalaman 200 kaki (600 meter) di bawah permukaan laut.
Dapat dikatakan ini temuan pertama spesies ikan berbentuk kubah dan transparan. Peneliti mengamati ikan bermata bulat (barreleye) menggunakan peralatan canggih yang dioperasikan dari jarak jauh (a remotely operated vehicle/ ROV)
        Pada gambar terlihat keunikan yaitu bola mata ikan yang seolah dapat berputar ke atas. Pupil mata yang berada di bagian atas ini berfungsi untuk melihat mangsa yang berada di atas ikan tersebut. Sedangkan warna hijau yang terlihat dalam gambar adalah semacam lensa yang melindungi mata dari sinar matahari. Dengan begitu mata tetap fokus pada mangsanya.
        Ikan aneh yang satu ini matanya bisa berotasi melihat ke arah belakang. Ikan barreleye hidup di kedalaman laut terdalam dimana sinar matahari tak bisa menembusnya, yaitu padakedalaman 600-800 meter di bawah permukaan laut.Sehingga ikan ini melihat dengan menggunakan mata yang ultra sensitif. “Bola mata itu tampak seperti melihat langsung ke atas,” ujar Kim Reisenbichler, peneliti MBARI.
        Ikan barreleye (Macropinna microstoma) memiliki panjang 6 inchi (15 sentimeter). Biasa memangsa ikan kecil dan ubur-ubur. Matanya berwarna hijau kekuningan, bisa menyaring sinar matahari yang datang secara langsung dari permukaan laut. Para peneliti percaya, matanya ini telah membentuk saringan cahaya yang memungkinkan untuk mengabaikan sinar matahari dan dapat melihat cahaya yang berpendar dari ikan kecil dan ubur-ubur yang merupakan makanan favoritnya.
        Lantas, apa fungsi kedua “matanya” yang terdapat di depan? Menurut para ahli, sesungguhnya kedua mata ikan itu adalah nales, indera penciuman seperti lubang hidung manusia. Barreleye memiliki kristal cair pada matanya, yang terletak pada suatu tempat pada sebuah selaput kecil. Ikan ini masih satu keluarga dengan ikan hantu.

0 komentar:

Posting Komentar