Jumat, 14 Desember 2012

Makalah Ikan Arwana


Penangkaran Si Raja Ikan Hias Arwana

A. Pendahuluan
Sebagai negara kepulauan terbesar dan secara geografis terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, keanekaragaman hayati laut Indonesia tak tehitung jumlahnya. Hal ini pun menjadi penggerak bagi lembaga pemerintah untuk menangani pengembangan perikanan budidaya. Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) pun dituntut untuk memperkuat kelembagaan masyarakat perikanan budidaya melalui penguatan struktur perusahaan dan meningkatkan jiwa wirausaha mereka. Saat ini jenis ikan yang sudah bisa dibudidayakan sekitar 50 jenis dari 300-500 jenis ikan yang diekspor. Salah satu ikan yang dapat dibudidayakan adalah arwana merah (Scleropages formosus). Pada tahun 2004, Indonesia menempati urutan keempat sebagai eksportir ikan hias dunia dengan nilai US$ 12.648.000. urutan pertama Singapura dengan nilai US$ 41.460.000, Malaysia US$ 17.559.000, Republik Czenia US$ 13.353.000.. 
Seiring berkembangnya usaha-usaha perikanan budidaya di Indonesia membuat persaingan penjualan ikan hias maupun ikan konsumsi di Indonesia semakin ketat. Pasar dunia maupun pasar nasional merupakan incaran para pengusaha budidaya ini. Produk yang mereka hasilkan diharapkan bisa bernilai jual tinggi. Berbagai budidaya ikan pun dicoba para wirausahawan-wirausahawan ini, baik ikan hias maupun ikan konsumsi. Budidaya ikan hias banyak diminati kalangan pengusaha budidaya saat ini, karena dengan modal................

Itu tadi sedikit pembuka mengenai makalah ini.. untuk file lengkapnya dapat dilihat maupun didowload secara gratis pada link dibawah ini:

Makalah Arwana.doc

Cara Download:
>Klik Link
>Tunggu hingga muncul preview dokumen
>Klik menu 'File'
>Pilih 'Unduh' pada submenu dari menu 'File'

0 komentar:

Posting Komentar